Jumat, 26 November 2010

Review Jurnal 3

Nama : Brian Danang
Kelas :  3 EA12
NPM :  10208258
Matkul : Metode Riset
Dosen : Prihantoro
Tugas : Review Jurnal 3

A. Tema/topik : Perilaku Konsumen

B. Judul : Analisis Cara Memahami Prilaku Konsumen
    Pengarang : Winardi
    Tahun Pembuatan : 1996

C. LBM : Pemahaman akan perilaku konsumen adalah tugas penting bagi para pemasar. Para pemasar mencoba memahami perilaku pembelian konsumen agar mereka dapat menawarkan kepuasan yang lebih besar kepada konsumen. Tapi bagaimanapun juga ketidakpuasan konsumen sampai tingkat tertentu masih akan ada. Beberapa pemasar masih belum menerapkan konsep pemasaran sehingga mereka tidak berorientasi pada konsumen dan tidak memandang kepuasan konsumen sebagai tujuan utama.
Masalah :
1. apa pengertian konsumen ?
2. apa saja jenis-jenis konsumen ?
3. apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen ?
4. bagaimana cara memahami konsumen ?

Tujuan :
1. mengetahui pengertian konsumen
2. mengetahui jenis-jenis konsumen
3. mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
4. mengetahui cara memahami konsumen

D. Metodologi :
  • data & variabel : data sekunder dan menggunakan variabel Independent & Dependent
  • model : case and field study research/studi kasus dan penelitian lapangan
  • tahapan penelitian : a.studi kasus terhadap suatu produk  b.analisis data  c.pembahasan
E. Hasil Pembahasan dan Kesimpulan
Hasil : Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memahami konsumen adalah,
Kepuasan Konsumen, Kesetiaan Konsumen, Mempertahankan Konsumen, Penanganan Keluhan dan Pemulihan Jasa, Kualitas Jasa, Mengelola Kapasitas dan Permintaan, Menunggu Antrian dan Reservasi, Peran SDM dalam Organisasi Jasa, Pengaruh Teknologi dalam Jasa, Menjadi Organisasi Jasa Terkemuka, Efek Ekonomi Jasa.
Kesimpulan : Dari kasus diatas, kepuasan konsumen tidak terpenuhi karena kualitas layanan yang kurang baik terutama dalam melayani komplain dari konsumen, sehingga kesetiaan konsumen menurun dan tidak menutup kemungkinan konsumen meninggalkan produk tersebut. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka image perusahaan pun akan menurun karena tidak dapat memahami dan mempertahankan konsumen.

F. Saran Lanjutan :
Memberi pengertian yang lebih pada konsumen tentang prosedur yang harus dijalankan.
Jika ada komplain dari konsumen segera di tindaklanjuti.
Ketika produk sudah beredar seyogyanya suku cadangnya pun sudah harus ada.
Dan yang paling penting adalah , jangan sampai konsumen merasa ditelantarkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar