Senin, 29 November 2010

BAB I


Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prilaku Konsumen dalam Memilih Suatu Produk

 BAB 1
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
        Dalam mengenal konsumen kita perlu mempelajari prilaku konsumen sebagai perwujudan dari seluruh aktivitas jiwa manusia itu sendiri. Pemahaman akan perilaku konsumen adalah tugas penting bagi para pemasar, para pemasar mencoba memahami perilaku pembelian konsumen agar mereka dapat menawarkan kepuasan yang lebih besar kepada konsumen. Pemasar harus berusaha untuk memahami konsumen, mengetahui apa yang dibutuhkannya, apa seleranya dan bagaimana ia mengambil keputusan sehingga pemasar dapat memproduksi barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pemahaman yang mendalam mengenai konsumen akan memungkinkan pemasar dapat mempengaruhi keputusan konsumen, sehingga
mau membeli apa yang ditawarkan oleh pemasar.
        Persaingan yang ketat antar merek dan produk menjadikan konsumen memiliki posisi yang semakin kuat dalam posisi tawar-menawar. Tapi bagaimanapun juga ketidakpuasan konsumen sampai tingkat tertentu masih akan ada. Beberapa pemasar masih belum menerapkan konsep pemasaran sehingga mereka tidak berorientasi pada konsumen dan tidak memandang kepuasan konsumen sebagai tujuan utama. Lebih jauh lagi karena alat menganalisis perilaku konsumen tidak pasti, para pemasar kemungkinan tidak mampu menetapkan secara akurat apa sebenarnya yang dapat memuaskan para pembeli sekalipun para pemasar mengetahui faktor yang meningkatkan kepuasan konsumen, mereka belum tentu dapat memenuhi faktor tersebut.
       Kebutuhan dan selera konsumen akan terpenuhi manakala ketersediaan produk dan daya beli masyarakat juga mampu mengatasinya. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumen menurut antara lain adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Tak diragukan lagi, konsumen tergolong aset paling berharga bagi semua bisnis. Tanpa dukungan mereka, suatau bisnis tidak bisa eksis. Sebaliknya jika bisnis kita sukses memberikan pelayanan terbaik, konsumen tidak hanya membantu bisnis kita tumbuh. Lebih dari itu, mereka biasanya akan membuat rekomendasi untuk teman dan relasinya. 
Menganalisis perilaku konsumen akan lebih mendalam dan berhasil apabila kita dapat memahami aspek-aspek pisikologis manusia secara keseluruhan. Kemampuan dalam menganalisis  perilaku konsumen berarti keberhasilan dalam menyalami jiwa konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan demikian berarti pula keberhasilan pengusaha, ahli pemasaran dalam memasarkan suatu produk yang membawa kepuasan kepada konsumen dan diri pribadinya.

2. Masalah
a. Rumusan Masalah :
  • Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prilaku konsumen ?
  • Metode apa saja yang digunakan dalam penelitian prilaku konsumen ? 
  • Apa teori dari prilaku konsumen ?
  • Faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap prilaku konsumen dalam memilih suatu produk ?
b. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan perumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah :
  • Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prilaku konsumen.
  • Untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan dalam penelitian prilaku konsumen.
  • Untuk mengetahui teori dari prilaku konsumen.
  • Untuk menegtahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap konsumen dalam memilih suatu produk
c . Kerangka Teori
  1. Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku.
  2. Macam-macam penelitian konsumen, Pendekatan penelitian konsumen dan Metode-metode pengumpulan informasi konsumen.
  3. Teori perilaku konsumen dapat dibedakan dalam dua macam pendekatan yaitu pendekatan nilai guna utiliti dan pendekatan nilai guna ordinal.
  4. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen didalam membeli produk antara lain adalah faktor budaya, sosial, pribadi (perbedaan individu), psikologis dan strategi pemasaran.

           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar