Selasa, 30 November 2010

BAB III

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prilaku Konsumen dalam Memilih Suatu Produk

BAB III
METODOLOGI 


A. Data 
1. Jenis dan Sumber Data 
    Jenis dan sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder.
a. Data Primer
    Data primer merupakan informasi yang dikumpulkan peneliti langsung dari sumbernya.
b. Data Sekunder
         Data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung, baik berupa keterangan maupun
         literatur yang ada hubungannya dengan penelitian.

2. Teknik Pengumpulan Data

    Ada tiga metode pengumpulan informasi konsumen yaitu metode observasi, ekspresimen dan survai :
a.       Metode observasi
Salah satu mempelajari konsumen adalah dengan cara mengobservasi perilakunya yang tampak, misalnya mengamati kebiasaan konsumen membeli produk merk tertentu, sikap dan penilaiyan konsumen terhadap suatu produk atau merk, jenis-jenis yang paling disukai oleh konsumen .
b.      Metode ekspesimen metode ini merupakan metode pengumpulan dengan cara mengadakan ekspresimen atau percobaan terhadap situasi.
Misalnya: mengukur pengaruh situasi khusus terhadap sikap dan prilaku membeli.
Metode ekspresimen terdiri dari eksperimen laboratorium, dan eksperimen lapangan.
1.      Eksperimen Laboratorium
Percobaan yang dilakukan dilaboratorium adalah untuk mengontrol variabel-variabel dari luar.
Misanya : mengadakan percobaan terhadap kesukaan konsumen.
                  2.      Eksperimen Lapangan
Percobaan ini dilakukan untuk mengetahui respon konsumen terhadap suatu produk, merek baru yang diperkenalkan atau dipasarkan. Dapat juga untuk mengetahui pengaruh harga, iklan terhadap pemasaran produk, atau merek baru.
c.       Metode Survai
Metode pengumpukan data atau informasi konsumen melakukan partisipsi secara aktif.
Ada tiga teknik dalam metode survai, yaitu wawancara pribadi (personal interview), survai melalui telepon (teleponsuveys), dan survai melalui surat (mail surveys)
1.      Wawancara pribadi
Teknik pengumpulan informasi yang dilakukan dengan informasi secara langsung berhadap-hadapan antara pewawancara (interviewer) dengan konsumen.
2.      Survei melalui telepon
Teknik pengumpulan informasi konsumen melalui  telepon dimaksud untuk mengetahui pendapat konsumen terhadap penggunaan barang yang telah di belinya.
                  3.      Survai melalui surat
Teknik pengumpulan melalui surat dimaksud untuk menyebar luaskan kuisioner kapada konsumen melalui metode pos. Tujuan survei melalui surat antara lain adalah untuk mendapat informasi mengenai tanggapan dan penilaian konsumen terhadap suatu produk.

B. Variabel
      Penelitian ini menggunakan 3 variabel yaitu :

a.       Variabel Stimulus
Variabel stimulus merupakan variabel yang berada di luar diri individu  (faktor eksternal) yang sangat berpengaruh dalam proses pembelian. Contohnya merek dan jenis barang.
b.      Variabel Respon
Variabel Respon merupakan hasil aktivasi individu sebagai reaksi dari variabel stimulus. Variabel Respon sangat bergantung pada faktor individu dan kekuatan stimulus. contohnya keputusan membeli barang, pembeli penilaian terhadap barang
c.       Variabel Interverning
Variabel Interverning adalah variabvel antara variabel stimulus dan respons variabel intervening individu, termasuk motif-motif membeli, sikap terhadap suatu peristiwa, dan persepsi  terhadap suatu barang. Peranan paribael intervening adalah untuk memodifikasi respons.


C. Model atau Metode Penelitian

     Ada dua macam model atau metode penelitian konsumen, yaitu penelitian yang bersifat eksplorasi dan
     penelitian tentang kesimpulan konsumen.
  1. Penelitian ekplorasi, Metode yang digunakan dalam penelitian ekplorasi konsumen adalah metode mempengaruhi dan metode memfokuskan kelompok. Metode mempengaruhi konsumen melalui pemberian sugesti kepada konsumen secara spontan. Metode memusatkan atau mempokuskan kelompok konsumen. Kelompok konsumen tersebut mengasosiasikannya secara bebas terhadap masalah-masalah yang ada dalam pasal. 

    2. Pendekatan penelitian konsumen
        Ada dua pendekatan penelitian, yaitu pendekatan penelitian cross-sectional dan longitudinal.
  1.      Pendekatan penelitian cross-sectional, Pendekatan ini di maksud untuk meneliti aspek-aspek perilaku konsumen yang menggunakan  waktu secara relative singkat misalnya meneliti perubahan perilaku konsumen pada watu tertentu mempelajari nilai dan sikap konsumen terhadap suatu produk dalam momen waktu tertentu. 
  2.       Pendekatan penelitian longitudinal, Pendekatan ini dimaksud untuk meneliti aspek perilaku konsumen yang terjadi dalam beberapa periode waktu tertentu. Misalnya : mengadakan penelitian mengenai pendekatan masyarakat tentang suatu produk dapat bertahan selama beberapa waktu. Pendekatan penelitian longitudinal dilakukan pada periode waktu yang relative lama, sedangkan pendekatan penelitian cross-sectional menggnakan waktu yang relative singkat atau sesaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar