Selasa, 26 Oktober 2010

Review Jurnal 2

Nama : Brian Danang
Kelas :  3 EA12
NPM :  10208258
Matkul : Metode Riset
Dosen : Prihantoro
Tugas : Review Jurnal 2

A. Tema/topik : Perilaku Konsumen

B.  Judul : Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen dalam Membeli/Mengkonsumsi Buah
                Lokal
     Pengarang : Sumarwan
     Tahun Pembuatan : 1999

C. LBM : Pemasar harus berusaha untuk memahami konsumen, pemahaman yang mendalam mengenai konsumen akan memungkinkan pemasar dapat mempengaruhi keputusan konsumen, sehingga mau membeli apa yang ditawarkan oleh pemasar. Persaingan yang ketat antara merek dan produk menjadikan konsumen memiliki posisi yang semakin kuat dalam posisi tawar-menawar.
Masalah :
  1. Faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap prilaku konsumen dalam membeli/mengkonsumsi buah lokal ?
  2. Faktor apa sajakah yang dominan berpengaruh ?
Tujuan :
  1. budaya, 
  2. lingkungan sosial, 
  3. individu, 
  4. psikologis,
  5. strategi pemasaran terhadap prilaku konsumen dalam membeli/mengkonsumsi buah lokal dan buah impor serta melihat faktor-faktor mana yang dominan.
D. Metodologi :      
  1. Data dan variabel : data primer lalu menggunakan variabel endogenous laten dan eksogenous laten.
  2. Model : survei dengan menggunakan instrumen penelitian.
  3. Tahapan Penelitian : a. studi perilaku konsumen terhadap produk  b. analisis data   c. uji hipotesis
E. Hasil dan Kesimpulan
Hasil : variabel-variabel seperti budaya, lingkungan sosial, individu, psikologis dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan positif terhadap prilaku konsumen buah lokal maupun buah impor.

Kesimpulan : faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sikap kepercayan konsumen dapat membeli buah menunjukkan bahwa :     
  1. perubahan budaya maupun peningkatan psikologis konsumen dapat meningkatkansecara nyata sikap kepercayaannya dalam membeli/mengkonsumsi buah lokal.
  2. konsumen tidak perlu mempertimbangkan lingkungan sosialnya dalam membeli buah lokal dan peningkatan karakteristik individu konsumen tidak menjadikan sikap kepercayaannya meningkat dalam membeli/mengkonsumsi buah lokal.
  3. Konsumen tidak merasakan adanya strategi pemasaran yang ditempuh perusahaan/pemasar yang dapat mendukung meningkatkan sikap kepercayaannya dalam membeli/mengkonsumsi buah lokal.
F. Saran Lanjutan
  • buah lokal perlu diperlakukan sebagai produk yang lebih dihargai di negeri sendiri
  • daya saing buah lokal agar ditingkatkan melalui strategi pemasaran dan peningkatan atribut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar